Iklan Layanan Masyarakat

Dinpermades Harapkan Penggunaan Dana Desa Bisa Dukung SDGs

Kamis, 01 Okt 2020 12:15:49 1057

Keterangan Gambar : Dinpermades Kabupaten Temanggung melaksanakan Sosialisasi Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Aula BPR Bank Pasar, Rabu (30/9/2020).


Temanggung, MediaCenter-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung melaksanakan Sosialisasi Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Aula Perusahaan Daerah BPR Bank Pasar, Rabu (30/9/2020). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Tenaga Pendamping Profesional di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Temanggung. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinpermades Aris Gunawan bertujuan untuk mensosialisasikan Permendes sebagai acuan penyusunan RKPDes dalam rangka singkronisasi dan penyelarasan prioritas program kegiatan yang didanai dana desa untuk Tahun 2021. 

"Pengaturan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 terdiri dari prioritas penggunaan, penetapan prioritas penggunaan, publikasi dan pelaporan serta pembinaan sesuai dengan  arah  kebijakan pemerintah dan dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan," terangnya

Selanjutnya Ewiek Khavida selaku Kepala Bidang Pembangunan Desa berharap dengan diadakan sosialisasi Permendes ini program kegiatan desa bisa selaras dengan prioritas program nasional dan mendukung tujuan Sunstanable Development Goals (SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan Desa. 

"Adapun perwujudan program SDGs Desa berupa Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan, dan Desa Tanpa Kesenjangan. Kemudian, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, Desa Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Damai Berkeadilan, dan Kemitraan untuk Pembangunan Desa," imbuhnya. (MC. Tmg/Eknu;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top