Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Serahkan Bantuan Alsitan Secara Simbolis

Selasa, 22 Sep 2020 18:37:44 796

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung HM Al Khadziq serahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian secara simbolis kepada 11 kelompok tani di Halaman Gedung Cadangan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Selasa (22/9).


Temanggung, MediaCenter-Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 11 kelompok tani, Selasa (22/9). 

Bantuan diserahkan secara simbolis di Halaman Gedung Cadangan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung.

Bupati menyampaikan bahwa bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Tahun 2020, terdiri dari 14 macam mesin sebanyak 59 unit, sedangkan yang bersumber dari APBN Tahun 2020 melalui aspirasi Anggota Komisi 4 DPR RI Panggah Susanto, terdiri dari 10 macam mesin sebanyak 56 unit. 

“Meski pandemi Covid-19 telah banyak berdampak minus pada banyak sektor, namun sektor pertanian masih mengalami pertumbuhan plus, walaupun rendah,” kata Bupati.

Ditambahkannya, pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. 

Untuk itu indikasi keberhasilan kedaulatan pangan yakni bila kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, serta petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan terjamin kesejahteraannya.

Kedaulatan pangan dikatakan berhasil jika memenuhi parameter, terpenuhinya kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri, kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, dan petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan kesejahteraannya terjamin. 

“Salah satu program kegiatan untuk mendukung pencapaian produksi pertanian salah satunya melalui penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pertanian, sehingga akan terwujud modernisasi pertanian,” tambah Bupati.

Pemerintah berkewajiban mendukung ketersediaan sarana pertanian, terutama alat dan mesin pertanian, serta adanya sarana pembinaan dan pengembangan pengelolaan alat dan mesin pertanian. Pengelolaan alat dan mesin pertanian diharapkan dapat melibatkan kaum muda untuk terjun dibidang pertanian sekaligus untuk mengurangi permasalahan ketersediaan tenaga kerja.

Bupati berharap dengan adanya bantuan alat mesin ini dapat memudahkan para petani dalam pelaksanaan budidaya pertanian melalui sentuhan teknologi, sehingga lebih efektif dan efisien. 

“Juga meminta kepada petani untuk terus berinovasi dalam menanam komoditas pertanian yang diminati pasar, seperti  jagung atau palawija lainnya, sehingga petani dapat menikmati hasilnya," imbuhnya. 

“Petani juga diharapkan tidak tergantung pada pupuk bersubsidi, namun dapat beralih menggunakan pupuk organik yang tersedia di pasaran,” harap Bupati.

Adapun Anggota Komisi 4 DPR RI Panggah Susanto menjelaskan, ada 11 kelompok tani dari 9 kecamatan yang menerima bantuan Alsintan. 

“Alsintan yang diberikan berupa 10 macam mesin sebanyak 56 unit terdiri dari Combine Mini Harvest (2 Unit), Power Tresher (6unit), Power Tresher Multiguna Mobil (3 Unit), Power Tresher Multiguna (3 Unit) , Corn Sheller Mobile (1 unit), Corn Sheller (5 unit), Handtraktor roda 2 (14 Unit), Pompa Air 3 inch (15 Unit), Hand Sprayer (3 Unit), dan Cultivator (4 Unit), ” katanya. 

Bantuan ini tak lepas dari jerih payah para anggota dewan yang terus berjuang untuk rakyat, terutama yang berada di Kabupaten Temanggung. 

“Saya harapkan semua bisa saling bersinergitas dan saling membantu, baik yang ada di daerah maupun yang ada di pusat, ” tambahnya. (MC.TMG/Arif;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top