Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Lantik 215 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

Jumat, 28 Feb 2020 11:15:35 875

Keterangan Gambar :


Temanggung-Mediacenter. Bupati Temanggung, Jawa Tengah HM Al Khadziq melantik sejumlah  215 kepala desa masa jabatan 2020—2026 hasil pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 9 Januari 2020 di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Kamis (27/2).
Dari 215 kades itu, 20 diantaranya perempuan dan 195 laki-laki. Dari tingkat pendidikannya, sebanyak 43 orang lulusan SLTP, 124 orang lulusan SLTA, 13 orang lulusan D1—D3, dan 35 orang lulusan sarjana.
Bupati berharap pelantikan ini memotivasi para kades untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Serta dapat membawa perubahan positif dalam memajukan desa.
"Saya menyampaikan terima kasih kepada panitia Pilkades tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan, tingkat desa, dan BPD serta segenap komponen masyarakat yang telah berhasil menyelenggarakan seluruh rangkaian kegiatan Pilkades dengan aman dan sukses sesuai dengan harapan kita semua," kata Khadziq.
Pilkades tahun ini dilaksanakan serentak berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pencalonan Pemilihan Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. Pada aturan itu, Pilkades dilaksanakan serentak yang dikelompokkan menjadi tiga kali dalam jangka waktu 6 tahun.
Sejauh ini Temanggung telah tiga kali melaksanakan Pilkades serentak. Yaitu gelombang pertama pada tahun 2016 di 36 desa, gelombang kedua pada tahun 2018 sebanyak 14 desa, dan yang sekarang ini gelombang ketiga pada tahun 2020 ada 215 desa.
Bupati mengatakan, Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat, memiliki inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Kades juga harus mampu menjawab tuntutan dan pembaruan dimasa yang akan datang.
"Kades juga harus bisa memanfaatkan dan mendayagunakan secara optimal sumber daya di desa masing-masing untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera," pungkas Khadziq. (MC TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top