Iklan Layanan Masyarakat

Beredar Hoaks Aplikasi PeduliLindungi Kominfo Rawan Phising dan Malware

Senin, 20 Apr 2020 10:12:23 1124

Keterangan Gambar :


Jakarta, Kominfo - Tengah beredar informasi di platform WhatsApp yang menyebutkan aplikasi PeduliLindungi tidak aman. Aplikasi untuk edukasi dan pencegahan penularan Covid-19 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut dinilai rawan phising dan malware karena belum tersedia di App Store dan Play Store. 

Menanggapi informasi tersebut, Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Siaran Pers No. 57/HM/KOMINFO/04/2020, memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar. “Aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store dan Play Store untuk versi iOS dan Android dan tidak melalui APK, sehingga sangat secure dari phising dan malware,” tulis rilis yang dikeluarkan Jumat (17/04/2020)/

Aplikasi PeduliLindungi sendiri telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 sebagai dasar penyelenggaraan tracing, tracking dan fencing melalui infrastruktur, sistem dan aplikasi telekomunikasi untuk mendukung Surveilans Kesehatan melengkapi Keputusan Menteri Kominfo sebelumnya, yaitu Keputusan Menteri Kominfo No. 159 Tahun 2020.  

“Keputusan Menteri ini bersifat khusus dan sekaligus untuk memberikan jaminan perlindungan data pribadi sesuai perundang-undangan. Untuk itu, Kemkominfo menghimbau masyarakat tidak ragu untuk menginstall PeduliLindungi, karena provider menggunakan sistem keamanan berlapis,” tulis rilis Biro Humas Kementerian Kominfo.

Sumber  : https://kominfo.go.id/content/detail/25890/beredar-hoaks-aplikasi-pedulilindungi-kominfo-rawan-phising-dan-malware/0/berita_satker

Pencarian:

Komentar:

Top