Iklan Layanan Masyarakat

Beraktivitas di Pasar Ternak, Masyarakat Wajib Taati Protokol Kesehatan

Rabu, 08 Jul 2020 12:27:05 715

Keterangan Gambar :


 
Temanggung, MediaCenter- Pemberlakuan Protokol Covid -19 dilakukan diseluruh area publik, tidak terkecuali di Pasar Hewan. Seperti pantauan Tim Media Center di Pasar Ternak Terpadu Temanggung di Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Rabu (8/7/2020). Pasar Ternak yang diresmikan pada Tahun 2016 ini merupakan sentral pasar ternak terbesar, khususnya domba yang ada di wilayah Kabupaten Temanggung.
Pasar Ternak  Badran ini merupakan salah satu rujukan bagi para pedagang,  baik dari dalam maupun luar wilayah Kabupaten Temanggung. Di pasar ini, selain masyarakat dapat membeli hewan ternak  untuk keperluan sendiri,  banyak pula yang  membeli hewan ternak untuk dijual kembali.  Tak heran mendekati Hari Raya Idul Adha 1441 H jumlah pengunjung pasar hewan ini mengalami peningkatan.
Beberapa peraturan telah disiapkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan ( Disnakan) terkait penerapan protokol kesehatan di  lingkungan pasar ternak demi mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung pasar.  Beberapa aturan yang diterapkan untuk  pengunjung dan pedagang ,  diantaranya wajib menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun,  setiap kendaraan yang keluar  masuk wajib dilakukan penyemprotan  cairan disinfektan, serta pengaturan jarak antara pedagang dan pembeli, maupun pedagang satu dengan pedagang lain. Hal ini diungkapkan oleh Drh. Esti Dwi Utami selaku Kepala Bidang  Kesehatan Hewan ( Keswan) Disnakan Kabupaten Temanggung.  
“Selain protokol Covid yang sudah ada, selain pakai masker dan cuci tangan juga tempat jualannya dikasih jarak , sebelum dan sesudah jualan juga dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan, juga kalau bisa transaksinya memakai uang elektronik”, jelas Esti.
Dengan kebijakan ini diharapkan masyarakat dan semua pihak dapat mematuhi, demi menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat serta hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid -19 juga menghindari penularan penyakit dari hewan ternak ke manusia. (MC TMG/Eknug;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top