Iklan Layanan Masyarakat

Bentuk Apresiasi Kepada Peternak, Pemkab Temanggung Gelar Kontes Sapi

Jumat, 04 Des 2020 08:02:46 939

Keterangan Gambar : Tim penilai kontes sapi memeriksa sapi yang di lombakan di kandang milik peternak di Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (3/12/2020).


Temanggung, MediaCenter - Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar kontes sapi. Namun karena dalam masa pandemi kompetisi ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Disnakan Kabupaten Temanggung, Slamet Saryono mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 ini pelaksanaan kontes berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu ternak yang dikonteskan harus dibawa ke lokasi kontes, saat ini juri mendatangi satu per satu kandang sapi milik kontestan untuk melakukan penilaian.

"Kontes sapi ini untuk memberikan motivasi kepada para peternak agar memelihara ternaknya dengan baik. Lalu sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Temanggung kepada peternak yang berprestasi guna menghasilkan bibit ternak maupun bakalan yang unggul dan produktif," ujarnya Kamis (3/12/2020).

Slamet menyebut, melalui kontes ternak ini merupakan cara memberikan penghargaan kepada para peternak yang telah berupaya menghasilkan ternak sapi potong berkualitas. Kompetisi juga diharapkan bisa meningkatkan minat dan motivasi peternak, pelaku usaha peternakan untuk memproduksi ternak bibit dan ternak potong berkualitas.

"Selain itu, sebagai sarana edukasi bagi masyarakat umum sekaligus ajang mempromosikan bibit ternak dan ternak potong yang berkualitas. Kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi kepada para petugas teknis dan penentu kebijakan pengembangan peternakan di Kabupaten Temanggung," katanya.

Adapun untuk kontes kali ini ada 59 peternak yang telah mendaftarkan sapinya, dengan jumlah sapi sebanyak 100 ekor. Kategori atau kelas dalam kontes ini meliputi kelas pedet jantan, kelas indukan, bakalan super, dan kelas ekstrem.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top