Iklan Layanan Masyarakat

APTI Temanggung Harus Bersinergi Sejahterakan Petani Tembakau

Senin, 21 Jun 2021 15:26:25 1154

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq membuka Muscab APTI DPC Temanggung di balai Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Senin (21/6/2021).


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung M Al Khadziq menghadiri Musyawarah Cabang Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) DPC Temanggung yang diikuti petani tembakau di Balai Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Senin (21/6/2021).

Bupati terus mendorong APTI Temanggung mampu mensinergikan semua stakeholder untuk mensejahterakan petani tembakau dan juga buruh tani tembakau. Selain itu, Bupati juga berharap para petani tetap semangat untuk terus meningkatkan kualitas tembakaunya.

"Jika kualitas tembakau di Temanggung baik, maka akan menarik pabrikan untuk membelinya dengan harga yang baik pula," katanya.

Bupati juga mengapresiasi perjuangan APTI Temanggung dalam mensejahterakan para petani tembakau. Karena menurutnya, tembakau merupakan sumber mata pencaharian utama masyarakat di Temanggung.

"Dunia pertembakuaan dibutuhkan sinergitas antara petani, masyarakat dan pemerintah daerah, tembakaunya baik, maka ekonomi masyarakat Temanggung akan jauh lebih baik, tetapi sebaliknya, jika harga tembakau turun, maka perekonomian juga menurun," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan beberapa langkah strategis agar keberlangsungan dunia pertembakuan di Temanggung berjalan dengan baik yakni dengan membatasi impor tembakau dari luar daerah.

"Hampir 80 persen tembakau yang masuk ke Temanggung ini berasal dari luar daerah. Sehingga berpengaruh pada penyerapan dan turunnya harga tembakau milik petani yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat pertembakuan di Temanggung," tegasnya.

Ketua DPC APTI Temanggung, Muhammad Fuad mengatakan permasalahan tembakau tidak sedikit dan tidak mudah dicairkan. Untuk itu, pihaknya meminta APTI meningkatkan kekompakan agar semua permasalahan pertembakauan dapat terselesaikan dengan baik.

"Sejak beberapa pergantian kepala daerah atau Bupati, petani Temanggung masih jauh dari sejahtera. Untuk itu, perlu adanya sinergitas dengan pemerindah daerah agar petani bisa makmur dan sejahtera," katanya.

Menjelang panen raya tembakau tahun ini, pengurus APTI telah melakukan beberapa kegiatan dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, seperti melakukan doa dilintas desa, dan juga sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan prokes. 

"Dengan melakukan upaya sosialisasi protokol kesehatan itu, kita berharap pada musim panen atau proses jual beli di gudang pada Bulan Agustus mendatang grafik penularan Covid-19 di Temanggung ini turun agar kita bisa bertembakauria dengan aman dan nyaman," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top