Iklan Layanan Masyarakat

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Desa Joho Sediakan Wastafel Cuci Tangan

Jumat, 17 Apr 2020 10:44:47 1153

Keterangan Gambar :


Temanggung- MediaCenter. Ada pemandangan yang berbeda di gapura masuk Desa Joho, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah selama kurun waktu seminggu ini. Tidak seperti biasanya terdapat wastafel berjejer di gapura masuk desa. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah terkait upaya pencegahan penularan Virus Covid-19 yaitu salah satunya dengan perilaku rajin mencuci tangan. 
Kepala Desa Joho Widdy Armyawan saat ditemui di kantornya, Kamis (16/4), menjelasakan bahwa inisiatif menempatkan wastafel di depan gapura masuk desa merupakan inisiatif dan usulan dari sekretaris desa, terkait kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing.  " Setiap warga masyarakat yang masuk ke Desa Joho, baik warga Desa Joho maupun warga luar diharuskan mencuci tangannya terlebih dahulu", jelas Widdy. 
Di gapura masuk Desa Joho juga dijaga oleh petugas piket untuk mengingatkan dan memastikan warga untuk mencuci tangan. Sedangkan untuk pemudik yang  masuk ke Desa Joho juga disediakan kamar mandi khusus untuk mandi dan berganti pakaian sebelum masuk ke wilayah desa. Demikian juga untuk kendaraan yang digunakan pemudik akan disemprot cairan disinfektan yang telah disediakan. 
Dalam kesempatan ini Widdy juga menganjurkan penggunakan bahan alami seperti daun sirih sebagai  disinsfektan, hal ini dimaksudkan agar aman apabila terkena tubuh, karena sekarang ini banyak ditemui disinfektan yang dapat mengakibatkan alergi pada kulit. Untuk anggaran pembuatan wastafel ini  berasal  dari dana desa.
"Dengan upaya ini, kami berharap dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Covid-19, khususnya di wilayah Desa Joho", harap Widdy (MC.TMG/Ekonug;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top