Iklan Layanan Masyarakat

Disabilitas Netra Temanggung Kalahkan Forum Jurnalis di Olahraga Goal Ball
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi Wisata Alam Wisata Kuliner INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL


Disabilitas Netra Temanggung Kalahkan Forum Jurnalis di Olahraga Goal Ball admin 09 Agu 2018 121
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter - Menguasai teknik permainan, tim penyandang disabilitas netra di Temanggung mampu mengalahkan tim Forum Jurnalis Temanggung (FJT) di perlombaan olahraga Goal Ball. Kegiatan ini masuk dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia yang berlangsung di Halaman Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra Penganthi Temanggung, Rabu (8/8).

Pertandingan yang berlangsung selama 12 menit tersebut menduduki skor 9 - 1 yang dimenangkan oleh siswa Penganthi sendiri. Sulistyo selaku perwakilan dari FJT mengaku kesulitan dalam melakukan permainan ini, karena memang dibutuhkan ketajaman pendengaran dan juga konsentrasi yang tinggi untuk melakukannya. "Wah sulit sekali, memang harus konsentrasi untuk bisa dengar bunyi kerincingan itu, kita kalah karena memang kita tidak menguasai tekniknya, sedangkan teman - teman ini sudah terbiasa berlatih dan memahami teknik," ungkap Sulistyo. Selain itu ia juga memberikan apresiasi untuk para penyadang disabilitas netra karena semangat dan antusiasnya yang luar biasa.

Sementara itu, ketua Organisasi Kemakmuran Kesejahteraan penerima manfaat Aji Priyogo menyampaikan dalam permainan ini sangat dibutuhkan konsentrasi untuk dapat mendengarkan arah bola. "Tidak hanya konsentrasi tetapi juga kekompakan tim dan kekuatan latihan fisik juga dibutuhkan," tutur Aji usai memenangkan permainan Goal Ball tersebut. Ia juga mengaku telah berlatih selama satu tahun dalam olahraga ini, sehingga memang hal utama yang harus dikuasai dalam permainan ini sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Tidak heran jika mereka mendapatkan skor tinggi,  karena Goal Ball ini merupakan salah satu olahraga favorit bagi penyandang disabilitas. Selain itu, mereka juga telah terlatih sebelumnya, karena di Balai Penganthi sendiri terdapat jadwal khusus untuk melakukan olahraga Goal Ball secara rutin. "Ini Goal Ball merupakan salah satu olahraga favorit milik disabilitas netra, tidak hanya panti kita yang melakukan olahraga ini tetapi para penyandang disabilitas netra itu bisa melaksanakan olahraga Goal Ball selama dia direkrut misalnya di pertuni, kemudian di lembaga - lembaga sosial pasti dilakukan olahraga ini", ungkap Budi Astuti selaku Kasi Bimbingan dan Rehabilitasi Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra Penganthi Temanggung.

Ia juga menjelaskan, permainan Gold Ball ini terdiri dari 3 orang pada masing - masing tim, dan setiap permainan akan terdapat dua tim yang bertanding dengan waktu permainan selama 12 menit. "Satu tim terdiri dari tiga orang, semuanya sama, fungsinya sama yakni penjaga gawang sekaligus penyerang dan juga semua pemain ditutup matanya," tambah Budi.

Dalam permainan, bola yang digunakan telah diberi lonceng untuk memberikan bunyi agar diketahui arah larinya bola. (MC TMG / Penulis : Ria / Foto : Coeplist / Editor : Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top