Iklan Layanan Masyarakat

700 Warga Desa Rowo Terima Sertipikat Tanah Program PTSL

Selasa, 01 Sep 2020 18:12:02 818

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Temanggung menyerahkan sejumlah 471 sertipikat tanah untuk warga Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung , Jawa Tengah yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan dilaksanakan oleh BPN Temanggung bersama pemerintah desa setempat, Selasa (01/09/2020) di Aula Kantor Desa Rowo. Penyerahan sertipikat dilaksanakan dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan membagi jadwal menjadi beberapa tahap, memakai masker serta mengatur jarak.  

Sunarko selaku salah satu petugas pelaksana kegiatan PTSL dari BPN Kabupaten Temanggung menjelaskan, program PTSL ini dilaksanakan sebagai proses pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah di dalam suatu wilayah desa/kelurahan.

“Kita lakukan pengukuran luas bidang tanah dengan sasaran semua tanah yang ada di desa/kelurahan untuk dibuatkan sertipikat sebagai  jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki  secara adil dan merata,” ungkap Sunarko.
Ia menambahkan, untuk melaksanakan program ini, pihaknya sudah memulai pendaftaran sejak bulan Januari 2020 dan dijadwalkan akan selesai pada Bulan September mendatang.

“Mulai pendaftaran Bulan Januari kemudian dilakukan proses, kita umumkan, pembentukan kepanitiaan, kemudian pengesahan sertifikat. Rencananya 20 September 2020 seluruh bidang tanah di Desa Rowo untuk program PTSL Tahun 2020 ini sudah selesai semua,” jelasnya.

Ia menambahkan, program PTSL akan dilanjutkan di Tahun 2021 mendatang dengan jumlah kuota untuk Desa Rowo sebanyak 200 bidang tanah. 

“Tahun ini untuk Desa Rowo ada sebanyak 700 bidang tanah, direncanakan Tahun 2021 ada tambahan sebanyak 200 bidang lagi,” imbuhnya.

Sunarko menambahkan, melalui program PTSL ini ditargetkan di Tahun 2024 seluruh bidang tanah yang ada di Kabupaten Temanggung semuanya sudah memiliki sertipikat.

Asrofi selaku Kepala Desa Rowo mengungkapkan, di Desa Rowo ada sebanyak 2.081 Peta Bidang Tanah (PBT), yang mengikuti PTSL Tahun 2020 sejumlah 700 bidang dan yang sudah memiliki sertipikat ada 176 bidang. Pembagian dilaksanakan secara bertahap agar tidak terjadi kerumunan.

“Tahun ini ada sebanyak 700 bidang tanah yang masuk program PTSL 2020. Pembagian kita lakukan secara bertahap. Tahap I sebanyak 130 bidang, hari ini 471 bidang dan sisanya 99 bidang yang belum dibagikan,” jelasnya. (MC TMG/Safi;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top