Iklan Layanan Masyarakat

6 ASN Temanggung Ikuti PKA Angkatan I Tahun 2021

Rabu, 17 Feb 2021 12:07:08 774

Keterangan Gambar : ASN dari Kabupaten Temanggung mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2021 secara daring, Selasa (16/2/2021).


Temanggung, MediaCenter- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung mengirim 6 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah yang telah dibuka secara virtual oleh Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dari Auditorium Sasana Widya Praja BPSDMD Provinsi Jawa Tengah pada hari Selasa (16/2/2021).

Peserta pelatihan mengikuti jalannya proses acara pembukaan sampai dengan pembelajaran secara distance learning (mulai dari tahap pembekalan sampai dengan tahap uji implementasi aksi perubahan) dari kabupaten/kota masing masing, dalam hal ini peserta dari Kabupaten Temanggung mengikuti proses pembelajaran di Gedung Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung.

Keenam ASN yang dikirim tersebut terdiri dari dr. Taryumi, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan, Taufik Nur Priyanto, Camat Tretep, Mila Setiya Mina Harsono, Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Atiek Machzuni Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Wirawan, Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Sumber Daya Alam dan Insfrastruktur Bappeda serta Edie Poernomo, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup.

Tomi Adi Purnomo selaku Kabid Diklat dan Pembinaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menjelaskan bahwa peserta sudah melalui proses seleksi.

“Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 ini merupakan hasil seleksi oleh Tim Seleksi Peserta Diklat Instansi (TSPDI) Kabupaten Temanggung dengan mempertimbangkan  ketentuan  sebagaimana dipersyaratkan oleh BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, antara lain peserta telah menduduki jabatan Administrator (Eselon III),  belum pernah mengikuti Diklat PIM III/ PKA, umur maksimal 55 tahun dengan mempertimbangkan faktor penilaian kepemimpinan serta kinerja calon peserta selama ini,” jelasnya.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk Tahun Anggaran 2021 telah menganggarkan pengiriman PKA sejumlah 10 peserta yang terbagi dalam 2 angkatan. Angkatan I dilaksanakan mulai 16 Februari 2021, sedangkan angkatan 2 rencana akan diselenggarakan pada 5 Juli 2021. Adapun metode pelatihan untuk angkatan I Tahun 2021 ini dengan  mempertimbangkan situasi kondisi Covid- 19, masih menggunakan sistem distance learing,  seperti Tahun 2020,” imbuhnya.

Mila Setiya Mina Harsono selaku peserta PKA menjelaskan PKA Angkatan I Tahun 2021 tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi pesertanya, karena menggunakan sistem distance learing,  perubahan model klasikal atau sistem tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kendala yang dihadapi tidak bisa bertatap muka langsung dengan  pemateri atau widya iswara, dan dengan  peserta dari kabupaten/kota lain,” terangnya.

Mila juga berterima kasih kepada Dinas Kominfo, karena telah difasilitasi Ruang Kreatif di Puskomkref  untuk membantu kelancaran dalam PKA  ini. 

“Sangat berterima kasih Kepada Dinas Kominfo, karena terbantu dalam mengatasi masalah sinyal, kalau dilakukan mandiri akan mengalami kesulitan disinyal internet,” imbuhnya.

Mila berharap adanya  peningkatan kompetensi kepemimpinan, kompetensi manajerial dan dapat diaktualisasikan bagi instansi masing-masing,  khususnya dan bagi masyarakat Kabupaten Temanggung pada umumnya.

“Tentunya hasil Pelatihan Kepemimpinan Administrator dapat bermanfaat bagi instansi masing – masing, khususnya dan bagi masyarakat Kabupaten Temanggung pada umumnya,” harapnya. (MC.TMG/Eknu;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top