Iklan Layanan Masyarakat

375 Prajurit Kodim 0706/TMG Ikuti Latihan Kemampuan Tembak

Kamis, 17 Sep 2020 15:51:16 1328

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center – Sebanyak 375 prajurit Kodim 0706 Kabupaten Temanggung melakukan latih tembak untuk memelihara kemampuan tembakan bersama anggota Koramil lainnya di lapangan tembak Kedungngumpul, Kecamatan Kandangan, Rabu (16/9/2020).
Latihan tembak yang diadakan 3 bulan sekali ini dikhususkan untuk memelihara kemampuan tembak, mulai dari tembakan tiarap, duduk dan berdiri. Hal ini merupakan latihan untuk pemeliharaan bagi seorang prajurit, baik penembak senjata laras panjang maupun pistol. Latihan menembak ini terdiri dari beberapa tahap mulai dari pengenalan kembali serta penilaian dengan jarak 100 meter.
“Untuk pemeliharan kekuatan tembakan harus dilakukan laporan dan harus mencapai target nilai yaitu 70. Jadi yang belum mendapat nilai 70 akan dilakukan pelatihan lagi sampai menembus target nilai”, ungkap Letkol CZI Kurniawan Hartono, Komandan Kodim 0706 Kabupaten Temanggung.
Pelatihan tersebut diwajibkan untuk semua anggota Kodim, khususnya anggota militer termasuk anggota yang ada di Koramil yang dilaksanakan secara tri wulan atau 3 bulan sekali. Latihan dilakukan selama 3 hari dan dihari terakhir dikhususkan untuk penembak pistol. Karena penembak pistol mayoritas anggota perwira dan beberapa anggota lainnya.
“Tujuan lain untuk kita mengakrabkan dengan kawan-kawan lainnya, sekaligus kita melatih bela negara. Jadi agar dapat merasakan bagaimana memegang senjata. Karena kita tidak tahu kedepannya akan seperti apa dan mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Akan tetapi kalau ada perang pun mereka sudah pernah merasakan memegang senjata itu seperti apa. Jadi akan memudahkan kita untuk melatih kembali apabila terjadi sesuatu”, imbuhnya
Kesiapan amunisi selalu diajukan di awal triwulan dan hanya 5 butir peluru untuk pemanasan dan 10 butir peluru untuk penilaian sekaligus latihan pemelihara kemampuan tembak. Senjata yang dipergunakan adalah senjata laras panjang model lama jenis SS1 dan pistol jenis P1 buatan PT. Pindad.
Untuk evaluasi, selama ini para penembak memenuhi standar kemampuan, akan tetapi untuk meningkatkan kemampuan masih harus lebih diasah. Sehubungan Kodim 0706 yang berada di daerah teritorial dicukupkan dengan memelihara kemampuan. Berbeda dengan satuan tempur yang setiap waktunya harus diasah untuk meningkatkan kemampuan. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top